Invent

Tips Menghadapi Kegagalan



Untuk sesuatu yang begitu menyakitkan, kegagalan – setidaknya sebagai topik – adalah sesuatu yang sangat populer. Baik itu kegagalan di pekerjaan, hubungan cinta, bahkan dalam kehidupan berkeluarga. Namun, orang bijak mengatakan bahwa kita tidak perlu takut pada kegagalan, karena selain menjadi guru yang terbaik, kegagalan seringkali menjadi fondasi dari inovasi.

Berikut tips mengenai bagaimana memanfaatkan momen kegagalan di dalam pekerjaan dengan maksimal:

1. Pertama, tarik nafas panjang. Berbesar hati dan terimalah insiden itu sebagai sebuah kegagalan.

2 Jangan pernah menutupi kegagalan. Contohnya, bicarakan kegagalan ini secara terbuka ke semua yang terlibat dalam proyek tersebut. Hal tersebut dapat menjadi awal bagi pembelajaran dan perbaikan untuk semuanya.

3. Beri waktu untuk meredakan emosi. Manjakan diri, curhat pada teman, atau bahkan hal ekstrim seperti mengajak tim Anda ke restoran dan “merayakan”nya.

4. Penting: selama emosi kita masih terfokus pada kegagalan, maka kita tidak dapat mengambil manfaat dari hal tersebut.

5. Selanjutnya, evaluasi kegagalan tersebut. Tahap ini harus dilakukan dgn berhati-hati agar tidak berujung pada suasana saling menyalahkan.

6. Tegaskan bahwa evaluasi ini dilakukan untuk mencari tau APA alasan dari kegagalan tersebut, bukan SIAPA yang salah.

7. Tentukan bersama langkah perbaikan apa yang perlu diambil. Pastikan semua orang mempunyai hak berpendapat.

8. Pastikan segala sesuatunya tertulis. Buat skema sederhana untuk melihat kesalahan serta perbaikan yang diperlukan secara lebih sistematis. Bagikan salinan dari skema tersebut kepada semua orang, bukan hanya anggota tim. Pembelajaran bersama tidak pernah merugikan.

Hasil nyata dari kegagalan adalah ketika kita mampu mengambil pelajaran dan menggunakannya untuk apa pun yang dilakukan selanjutnya. Yang terpenting, kegagalan tidak boleh menghambat kita untuk berinovasi. Yakinlah bahwa pelajaran ini akan menajamkan intuisi dan sensitivitas berpikir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top