Invent

Tips Mengatur Keuangan



Bagi masyarakat kota besar, pengeluaran terbesar umumnya terletak pada kebutuhan lifestyle baik kredit atau tunai (mis: gadget, fashion). Biasanya pertnghan tahun adalah masa dimana pengeluaran bertambah besar karena banyak tawaran discount menggiurkan di mall-mall untuk hampir semua jenis produk.

Tanpa disadari, semakin besar pendapatan akan semakin besar pula pengeluaran Anda. Itu sebabnya pengaturan penghasilan sangat penting. Berikut ini adalah beberapa tips mengatur keuangan pribadi agar efektif dan efisien:

  1. Buatlah perencanaan sebaik-baiknya terhadap semua lapisan kebutuhan baik untuk saat ini maupun masa depan.
  2. Sisihkan pendapatan untuk kebutuhan bulanan yang sifatnya tetap dan rutin dibayarkan (SPP, listrik, telp, PRT, Babysitter, kredit lain-lain).
  3. Sebelum membelanjakan sisa uang, pastikan Anda sudah memasukkan juga tabungan sebagai kebutuhan wajib.
  4. Belanjakan sisa uang dengan bijak dan hati-hati. Seringkali pengeluaran kecil-kecil yang tak disadari jumlahnya bisa lebih besar dari pada tabungan.
  5. Karenanya, pastikan Anda tak lupa menghitung pengeluaran-pengaturan kecil tersebut yang ternyata rutin seperti: bensin, parkir, tol, dan lain-lain.
  6. Pastikan Anda membelanjakan uang Anda sesuai dengan apa yang Anda butuhkan bukan yang Anda inginkan.
  1. Salah satu pengeluaran rutin yang harus dicermati adalah tagihan kartu kredit. Jangan terkecoh pada pembayaran mininimum yang bisa menjadikan bunga berbunga.
  2. Bagi yang memiliki kartu kredit jangan menganggapnya sebagai sumber uang tambahan, tetapi dapat digunakan dalam keadaan terdesak.
  3. Pendapatan di luar dugaan bagi karyawan adalah pada saat menerima bonus. Sisihkan min. 50% untuk ditabung sebelum dibelanjakan.

10. Pendapatan atas THR, sebaiknya jangan dihabiskan untuk kebutuhan hari raya semata. Tabunglah sedikitnya 25% untuk kebutuhan tak terduga.

11. Sisa pendapatan yang ada itulah yang dapat Anda belanjakan untuk kesenangan pribadi seperti pergi kesalon, makan di resto favorit, dan lain-lain.

12. Dengan perencanaan dan alokasi dana yang tepat, diharapkan bagi yang berhobi traveling tidak kesulitan mendanai biaya travelingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top