Invent

Perencanaan Kerja Secara Tim


Membuat perencanaan sebelum melaksanakan pekerjaan, akan membantu tim mendapatkan hasil yang lebih baik dan efisien. Ketika membuat perencanaan kerja, Anda dituntut untuk spesifik dan lebih detail menuliskan apa saja yang harus dilakukan. Agar lebih jelas dan terorganisir, Anda patut menuliskannya dengan menggunakan format yang rapih sehingga satu tim kerja Anda akan lebih mudah mengerti. Jika Anda sebagai pemimpin tim, Anda juga harus membuat kertas kerja evaluasi tim. Meskipun memakan waktu, persiapan ini akan membantu Anda menyelesaikan semua pekerjaan tepat pada waktunya. Termasuk menjadi pengingat untuk kembali ke rencana kerja setiap harinya.

Berikut cara-cara dalam membuat perencanaan kerja yang baik:

  1. Tentukan target. Tentukan tujuan dari keseluruhan pekerjaan yang akan dilakukan.
  2. Memilih pemimpin tim kerja yang tepat. Sangat penting memiliki pemimpin yang dapat membimbing tim untuk bekerja sesuai rencana.
  3. Tentukan tugas, anggaran, dan waktu. Dengan demikian semua rencana pekerjaan dapat dijalankan dengan baik dan memudahkan dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
  4. Atur secara logis. Aturlah tugas untuk masing-masing orang dalam satu tim kerja sesuai dengan kemampuannya.
  5. Work in progress. Jangan lupa melaporkan progress update secara teratur kepada seluruh pihak yang terlibat.
  6. Rencana cadangan. Selalu siapkan sebuah rencana cadangan untuk menghadapi kondisi yang dapat menghambat pekerjaan tim.
  7. Evaluasi. Selalu lakukan evaluasi atas semua pekerjaan yang telah dilakukan sehingga dapat diketahui apa yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan.

Membuat perencanaan yang efektif dan berhasil perlu di tambahkan dengan niat, konsisten diri serta jiwa yang ingin belajar dan tujuan kita untuk menjadikan apa yang kita kerjakan menjadi lebih baik dan maksimal karena dalam melakukan perencanaan akan membuat kita menjadi orang yang teratur dan bisa mengarahkan fokus pada apa yang ingin kita kerjakan.

Cara terstruktur seperti ini tak hanya bermanfaat di kantor. Anda juga bisa menerapkan rencana kegiatan untuk keluarga bahkan untuk hobi dan waktu pribadi Anda. Setelah sibuk bekerja, Anda tentu menginginkan keseimbangan dengan bersantai bersama keluarga atau menikmati waktu sendirian. Semuanya bisa berjalan beriringan asalkan direncanakan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top