Invent

Menulis CV yang Baik



Apa itu CV? CV (curriculum vitae),sederhananya, merupakan media bagi Anda untuk ‘menjual diri’ Anda kepada perusahaan yang Anda lamar.

Melalui CV, Anda menciptakan kesan pertama perusahaan atas diri Anda. Jadi, buatlah CV yang mampu merepresentasikan identitas, kpribadian, dan kelebihan Anda.

Tidak ada cara/template baku dalam mnyusun CV. Jika Anda mampu menyusun template ciri khas Anda, justru akan lebih baik lagi.Personalize your own CV!

Ada banyak ide template CV yang bisa Anda temui di internet. Jangan copy-paste ya. Coba kreasikan dan kombinasikan sesuai dengan kebutuhan

  1. Be concise! Sebaiknya, CV Anda tidak lebih dari dua halaman ukuran A4. Singkat, padat, dan semua infromasi terangkum secara jelas dan ‘menjual’.
  2. Justru CV yang terlalu panjang dan bertele-tele kemungkinan kecil berpeluang untuk dibaca seluruhnya. So, be straight to the point!
  3. Buatlah template CV Anda, sehingga saat melamar pekerjaan pada perusahaan yang berbeda, Anda bisa mnyesuaikannya sesuai dgn kriteria/karakter perusahaan yang Anda lamar.
  4. Spacing, aligning dan layout sangat penting saat Anda menulis CV agar mampu mencipatkan kesan positif dan profesional.
  5. Pastikan CV Anda sesempurna mungkin tanpa ada salah eja, penggunaan jargon, bahasa yang tidak baku, dan salah tata bahasa.
  6. Hindari penggunaan kata pengganti orang pertama seperti “saya”. Lebih baik “Bertanggung jawab akan..” dbanding “Saya bertanggung jawab akan..”
  7. Jabarkan personal information, educational background, working experience, interest dan achievements, skills, career objective dan reference.
  8. Tonjolkan kelebihan dan pengalaman Anda sesuai dengan pekerjaan yang Anda lamar. Misal, posisi PR Consultant, maka tonjolkan communication skillswriting dan reporting skills, dan lain-lain.
  9. Dalam working experience, selain menulis periode kerja, nama perusahaan, yang lebih penting adalah menjabarkan tugas dan tanggung jawab pekerjaan Anda.

10. Jika Anda memiliki pengalaman organisasi/kerja dan prestasi yang cukup banyak, pilihlah beberapa di antaranya yang mampu ‘menjual’ Anda untuk pekerjaan yang dilamar.

Jangan lupa cantumkan setidaknya dua reference yang mampu merekomendasikan dan menguatkan kualitas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top