Invent

Menjalin Kerjasama Yang Baik dengan Supplier/Bagian Sirkulasi Media Daerah



Media Monitoring adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah PR dan Advertising Agency. Tugas utamanya adalah mencari berita yang terkait dengan client, baik dalam bentuk artikel, rekaman atau online. Berita yang di-cover mencakup penyebutan produk/brand, kegiatan CSR, investasi/saham, industri terkait dan kompetitor.

Dalam mengumpulkan berita-berita tersebut, seorang Media Monitor biasanya harus berhubungan dengan bagian sirkulasi media. Media cetak yang digunakan meliputi koran nasional, koran daerah dari seluruh nusantara, Majalah, tabloid, bahkan free magazine. Untuk media cetak nasional mungkin tidak mengalami kendala berarti untuk berlangganannya. Biasanya yang agak sulit berasal dari media daerah, terutama koran2 dengan coverage dan sirkulasi yang terbatas.  Kesulitannya biasanya berupa, susahnya mencaricontact person dan pengiriman.

Supaya urusan berlangganan dengan media-media cetak daerah berjalan dengan lancer kami mempunyai beberapa tips:

  1. Cari tahu contact person di bagian sirkulasi. Bila tak ada, cari tau nama dan nomor telepon jurnalis/wartawan dari media tersebut dari tim media relation.
  2. Bila tidak ada, cari website resminya melalui google dan catat nomor telepon yang tertera.
  3. Atau bisa juga tanya ke 108. Caranya masukkan kode daerah (mis. 0361) diikuti 108.
  4. Bila sudah tersambung, catat nama bagian sirkulasi/iklan/pemasarannya beserta nomor handphone/pin blackberry mereka
  5. Bila komunikasi lanjutan melalui sms/bbm, buka percakapan dgn selamat pagi/siang/malam dan akhiri dengan ucapan terima kasih
  6. Catat setiap detail mengenai jumlah pembayaran, no rekening yang bersangkutan dan tanggal berapa harus bayar lagi. Scan juga bukti pembayarannya.
  7. Selalu cek apakah pengiriman koran selalu ontime, dan jangan sungkan mengingatkan. Asal dengan cara yang baik, mereka akan menanggapi baik.
  8. Bila ada masalah pengiriman tanyakan apakah koran tersebut bekerjasama dengan agen tertentu.
  9. Bila kerjasama berakhir karena kontrak dengan client selesai, ucapkan terima kasih atas bantuan mereka sehingga mereka merasa dihargai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top