Invent

Menjaga Hubungan Baik Dengan Klien


Menjaga hubungan baik dengan klien dan rekan bisnis adalah hal penting untuk mempertahankan kelanggengan kerjasama. Selain menjaga kualitas produk dan level of service, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan entertain them, menjalin kedekatan dengan mereka di luar suasana formal kantor dan bisnis. Di tingkat yang paling dasar, hubungan dengan klien bisa diartikan baik jika mereka merasa percaya, mau berkomunikasi, dan bisa mempertanggungjawabkan semuanya. Hubungan antara klien dan perusahaan sendiri harus menjadi mitra yang saling menguntungkan dan tidak merugikan salah satu pihak.

Lantas apa saja yang harus dilakukan untuk menjalin hubungan yang baik dengan klien?

  1. Menanyakan umpan balik pada klien. Dalam sebuah usaha, umpan balik merupakan sebuah cara untuk bisa memastikan pengalaman klien setelah mendapatkan pelayanan dari perusahaan Anda.
  2. Tetap menjalin hubungan jangka panjang. Usai mendapatkan klien, coba masukkan nama, alamat, dan nomor teleponnya ke dalam sebuah daftar khusus. Daftar ini akan berguna saat akan mengirimkan kartu ucapan pada hari-hari tertentu dan menawarkan produk baru dari perusahaan Anda.
  3. Karyawan yang sopan dan cakap. Usahakan untuk memberlakukan sistem mengenali nama pelanggan perusahaan kepada para karyawan. Hal ini bertujuan agar klien merasa dihargai saat bertemu dengan karyawan perusahaan Anda.
  4. Perkiraan selesainya pekerjaan. Mulailah bersikap realistis terhadap target penyelesaian sebuah proyek dari klien. Di sini yang Anda perlukan adalah manajemen waktu dan pengelolaan alur pengerjaan yang baik.

Membangun dan menjalin hubungan yang bertahan lama sangat bermakna penting untuk keberhasilan usaha Anda. Untuk itu, penting pula bagi Anda agar menjalin hubungan baik serta membangun pula kepercayaan permanen kepada setiap klien Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top