Invent

How To Create A Solid Teamwork


Dalam dunia kerja, kesuksesan tidak mungkin dapat diraih jika tanpa dukungan solid orang-orang di belakangnya, yaitu denganteamwork. Di dalam tim, diperlukan visi dan misi yang sama, sehingga seluruh anggota punya antusias yang tinggi dalam mencapai tujuan bersama. Untuk meningkatkan semangat teamwork dalam sebuah unit kerja, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar tujuan yang diinginkan tercapai

  1. Anggota tim harus tahu peran dan tanggung jawabnya dengan jelas agar sesuai dengan sasaran yang dituju. Sharing pendapat juga harus terbuka sehingga kontribusinya dapat maksimal. Dalam hal ini diperlukan kekompakan dan rasa kebersamaan yang kuat antar anggota tim.
  2. Anggota tim harus punya sense of belonging yang kuat dengan timnya. Anggota harus berkomitmen kuat terhadap seluruh keputusan dan aksi yang dibuat dalam teamwork. Hal ini dapat meningkat ketika anggota tim mengerjakan pekerjaan secara bersama-sama terus menerus
  3. Komunikasi yang efektif juga penting untuk meraih tujuan bersama dalam teamwork. Ini dilakukan secara periodic untukmonitoring dan koreksi. Biasanya ada seseorang yang menjadi PO (Project Officer) untuk menyinambungkan efektivitasteamwork.
  4. Dalam tim sebaiknya ada pembagian kekuasaan, sehingga tidak ada anggota tim yang terlalu dominan maupun terlalu pasif. Karena tentunya, mereka yang terlibat akan merasa bertanggungjawab terhadap capaian dan kesuksesan yang dijadikan tujuan bersama.
  5. Anggota tim dengan berbagai keahliannya akan saling melengkapi untuk mencapai tujuan. Berbagai keahlian yang berbeda dapat saling menunjang sehingga pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan. Jadi setiap anggota tim harus menunjukkan keahliannya tapi bukan untuk merasa menjadi yang paling dominan dari anggota lainnya.
  6. Tiap anggota yang berhasil memberikan kontribusi positif bagi keuntungan tim, pantas mendapat apresiasi. Apresiasi bisa menambah semangat anggota tim yang bersangkutan untuk terus berprestasi. Apresiasi tidak harus diberikan dalam bentuk uang, tapi bisa juga berupa pujian atau pengakuan atas hasil kerja yang baik.
  7. Kita harus punya sikap dan pemikiran positif. Dengan demikian setiap masalah atau kendala yang dihadapi dalam kerja tim bukan lagi menjadi masalah yang berat. Sikap dan pikiran yang positif merupakan modal utama sebuah tim.
  8. Konflik internal mungkin saja terjadi dalam teamwork. Hal ini wajar sebab menyatukan beberapa kepala butuh waktu dan adaptasi yang tidak sebentar. Konflik yang dikelola dengan baik bisa dijadikan senjata ampuh untuk melihat satu masalah dari berbagai aspek yang berbeda sehingga bisa diperoleh cara pandang baru, inovasi baru, ataupun perubahan yang memang diperlukan untuk melaju lebih cepat ke arah tujuan.
  9. Evaluasi perlu untuk seberapa besar yang sudah dicapai dari kinerja teamwork. Evaluasi bisa dilakukan secara periodik selama proses kerja berlangsung. Ini bisa membantu mendeteksi penyimpangan yang sedang terjadi, sehingga bisa segera diperbaiki. Evaluasi bisa dilakukan dalam berbagai cara: observasi, riset klien, riset anggota tim, wawancara, evaluasi diri, evaluasi keluhan, atau sekedar poling pendapat pada saat rapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top