Invent

Cara Menjaga Konsentrasi Kerja


Kemampuan untuk fokus atau konsentrasi sangatlah dibutuhkan dalam mengerjakan sesuatu. Konsentrasi mempengaruhi hasil dari semua pekerjaan yang Anda lakukan. Sayangnya untuk mencapai tingkat konsentrasi bukanlah hal yang mudah. Tidak semua orang dapat melakukan hal itu.

Berikut cara mensiasatinya agar pekerjaan penting Anda dapat diselesaikan tepat waktu atau sesuai deadline dengan hasil yang memuaskan:

  1. Ciptakan ruang kerja yang nyaman. Ruangan kerja yang nyaman akan meningkatkan mood Anda dalam bekerja. Anda tidak akan bisa bekerja dengan baik jika meja kerja Anda berantakan.
  2. Make to do list. Buatlah daftar prioritas pekerjaan yang harus Anda selesaikan pada hari itu. Dengan membuat make to do list Anda juga bisa mengecek kembali apakah pekerjaan Anda sudah terselesaikan atau belum.
  3. Jauhkan dari gangguan sekitar. Matikan atau kecilkan dering pada telepon genggam Anda. Jika Anda bekerja tidak perlu menggunakan koneksi internet, matikan koneksi internet yang tersedia agar Anda tidak tergoda untuk membuka Facebook atau Twitter yang akan menyita waktu dan mengacaukan konsentrasi Anda dalam bekerja.
  4. “Jangan ganggu saya”. Jika teman Anda ingin mengajak Anda ngobrol atau melakukan hal-hal yang dapat mengganggu pekerjaan Anda, jangan sungkan untuk mengatakan pada teman Anda untuk tidak mengganggu sejenak.
  5. Manfaatkan waktu istirahat Anda. Jangan paksakan otak Anda untuk terus bekerja, Anda bukan robot yang bisa bekerja tanpa istirahat. Lima menit memejamkan mata dan isitirahatkan pikiran Anda tidak menjadikan Anda lalai dalam pekerjaan. Cara ini akan sangat membantu Anda untuk tetap konsentrasi dalam bekerja.

Beberapa solusi menjaga konsentrasi kerja tersebut diharapkan dapat membuat kita bekerja dengan baik sesuai harapan dan tepat waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top